Terapi untuk Lovebird yang Bersuara Serak

Advertisement
Advertisement
Burung Lovebird (LB) merupakan jenis burung dengan kualitas suara yang sangat baik. Tampilannya yang cantik dan bulunya yang berwarna-warni membuat burung cantik ini jadi incaran banyak orang untuk dipelihara dan dijadikan burung kontes.

Ya, dengan kualitas suara yang seperti itu, sangat wajar kalau burung ini dijadikan burung kontes. Tapi, ketidakstabilan performa dan suara membuat pemilik burung ini jadi was-was. Bagaimana tidak. Walaupun memiliki suara yang cantik, namun suara burung ini juga rawan rusak dan serak. Dan jelas, kalau suara mereka serak, mereka pun tidak bisa berpeluang menjadi jawara kontes.

lovebird bersuara serak, lovebird bersuara

Terapi untuk Burung Lovebird yang Bersuara Serak
Terapi ini sendiri adalah metode terbaru untuk mengatasi burung yang serak. Tidak hanya burung LB, terapi ini pun bisa dilakukan pada jenis burung kicauan lain seperti Kenari, Kacer, Murai Batu, Pleci dan yang lainnya.

Adapun untuk ragam terapinya sendiri adalah berikut:

1. Pilih pakan yang sehat dan bersih
Pemilihan pakan ini bukan hanya mengacu pada pemenuhan asupan gizi burung saja, melainkan juga untuk kualitas dan kejernihan suara burung itu sendiri. Sebab, sudah kita ketahui bersama kalau buah atau sayur terkadang sering terkontaminasi oleh pestisida.

Memang, penggunaan zat kimia ini memang baik untuk menyuburkan tanaman. Tapi, jika zat ini dikonsumsi oleh burung, maka suara  burung pun akan rusak, serak dan tidak jernih sebagaimana mestinya.

Untuk itu, terapi terbaik untuk Lovebird serak adalah dengan selalu membersihkan dan mencuci buah sebelu dimakan. Dengan cara ini, kesehatan burung akan lebih terjaga, serta bisa terbebas dari suara serak akibat mengonsumsi buah yang terkontaminasi pestisida.

2. Selalu mengganti air mimun
Air minum itu selalu berpengaruh pada kesehatan burung. Jika Anda memberikan air yang bersih dan sehat, maka tubuh burung pun akan sehat. Namun jika air yang diberikan adalah air yang kotor atau jarang diganti, maka kondisi burung pun bisa sakit atau serak.

Namun jika Anda terlanjur memberikan air yang kotor dan jarang diganti, terapi untuk burung Lovebird yang bersuara serak yang bisa Anda berikan adalah dengan mengganti air dengan air yang baru,  yang sehat dan bebas dari segala kotoran.

3. Pindahkan sangkar ke ruangan atau tempat yang ideal
Terkadang sirkulasi udara kerap mengganggu sistem pernafasan burung. Namun pada kondisi tertentu, sirkulasi udara yang burung juga kerap membuat suara burung jadi serak dan tidak jernih sebagaimana mestinya.

Untuk itu, jika kondisi burung mengalami serak, khususnya akibat sirkulasi udara yang buruk, baiknya jauhkan burung dari lubang ventilasi. Sebab, jika Anda menempatkan burung di dekat ventilasi, pertukaran udara kotor akan terhirup oleh burung. Dan jika sudah terlalu sering menghirup udara kotor, suara burung pun akan serak dan rusak.

4. Kurangi intensitas latihan
Cara terapi untuk Lovebird bersuara serak ini mungkin paling banyak diacuhkan orang banyak. Padahal salah satu penyebab serak adalah terlalu seringnya dilatih, sehingga untuk mengatasinya, Anda cukup kurangi atau hentikan dulu latihan untuk burung.

Itulah terapi dan cara mengatasi suara serak pada burung. Selain menerapkan cara dan terapi di atas, baiknya berikan juga obat serak yang bisa Anda dapatkan di toko burung terdekat.