Tips Merawat Lovebird Impor yang Baru Tiba

Advertisement
Advertisement
Tips merawat Lovebird impor yang baru tiba. Sebuah tips yang harus Anda terapkan saat sudah membeli burung impor. Sebab, dibandingkan dengan perawatan lain, perawatan ini lebih spesifik dan mengarah pada bagaimana Anda merawat burung impor yang baru dibeli.

Perlu Anda tahu. Dalam hal pembelian burung, khususnya burung impor, kondisi fisik dan mental burung pastilah terganggu. Pasalnya, perjalan burung dari negara A ke negera B membutuhkan waktu yang sangat panjang. Karena itu, terkadang kondisi fisik dan mental burung jadi terganggu saat baru tiba. Sehinga untuk memulihkannya, Anda wajib menerapkan tips dan trik yang satu ini.

lovebird impor baru, lovebird impor, lovebird baru

Tips dan Trik Merawat Lovebird Impor yang Baru Tiba
Jika Anda kebetulan membeli Lovebird (LB) impor, dan LB tersebut baru tiba di Indonesia, maka berikut adalah perawatan yang wajib  Anda terapkan padanya:

1. Bersihkan tubuh burung saat baru tiba
Perjalan yang panjang terkadang membuat kondisi tubuh burung jadi kotor, sehingga agar tampilan dan kesehatan burung tetap terjaga, sangat dianjurkan untuk membersihkan tubuh burung saat pertama kali Ia sampai ke rumah Anda.

Namun, karena burung impor terkadang masih asing dan canggung lingkung yang baru, maka kondisikan proses mandi yang akan Anda gunakan.

Namun pada beberapa kasus, pemandian yang paling sering digunakan untuk hal ini adalah metode mandi spray. Selain lebih mudah, tips merawat Burung Lovebird impor yang baru tiba ini juga situasional, sehingga tidak akan membuat burung stres dan panik akibat perlakukan Anda.

2. Pengerodongan burung
Cara ini penting dan wajib untuk diterapkan, khususnya pada burung impor yang baru tiba di rumah Anda. Sebab, dengan cara ini burung akan lebih mudah membiasakan diri dengan lingkungan dan situasi yang baru.

Perlu Anda ingat juga. Metode ini baiknya diterapkan selama beberapa hari sampai burung terbiasa dengan lingkungan barunya.

Selain itu, metode kerodong juga harus dilakukan pada perjalanan burung dari toko ke rumah Anda. Pasalnya, dengan metode ini burung akan terhindar dari yang namanya stres akibat bisingnya suara kendaran dan lingkungan di sekitarnya.

3. Rawatan harian yang situasional
Tips dan trik merawat Lovebird impor yang baru tiba ini baiknya diterapkan pada semua jenis LB yang baru tiba. Dengan cara ini, kedekatan antara Anda dan sang burung akan lebih terjalin.
Adapun untuk perawatan harian yang dimaksud adalah:

3.1. Proses pemandian burung harus dilakukan setiap hari dengan metode sprayer. Namun hati-hati, burung jangan sampai basah kuyup saat dimandikan. Sebab, kondisi ini akan membuat burung panik dan stres. Baru, setelah beberapa minggu, burung harus dimandikan sampai basah kuyup supaya staminanya lebih terjaga.

3.2. Untuk urusan pakan, lebih baik berikan dulu pakan tambahan, atau pakan alami yang sering Ia konsumsi di alam liar. Karena bisa jadi, burung yang Anda beli adalah burung liar yang baru saja ditangkap.

3.3. Setelah itu, tips merawat Burung Lovebird impor yang baru tiba selanjutnya adalah dengan mngerodongnya selama selama masa penyesuaian. Masa penyesuaian sendiri bisa berlangsung beberapa hari atau beberapa minggu, tergantung kondisi burung.

Itulah tips dan trik yang bisa Anda gunakan untuk merawat LB yang baru tiba. Selain membantu burung dalam menyesuaikan diri, tips merawat Lovebird impor yang baru tiba di atas akan membuat Anda dan burung lebih dekat, sehingga memungkinkan Anda untuk memberikan perawatan dan pelatihan yang lebih intens nantinya.