Tips Merawat Lovebird Muda Agar Rajin Bunyi

Advertisement
Advertisement
Tips merawa Lovebird muda agar rajin bunyi tentu harus dilakukan setiap pemilik anakan Lovebird (LB). Sebab, dengan melakukan perawatan ini diharapkan LB akan tumbuh dan berkembang menjadi LB jawara. Memiliki kemampuan mapan dengan intensitas bunyi yang baik. Sehingga, mampu berkembang menjadi burung yang gagah dan tangkas di arena kontes.

Namun Anda juga harus ingat. Melatih burung itu harus konsisten. Sebab, konsistensi perawatan akan membuahkan hasil yang baik. Untuk itu, jika Anda ingin memiliki burung dengan kualitas dan kemampuan yang baik, rawatlah burung dengan konsistensi yang baik juga.

lovebird muda

Tips Mudah Merawat Lovebird Muda Agar Rajin Bunyi
Adapun untuk metoda dan tips perawatan LB muda agar rajin bunyi sendiri adalah berikut
:
1. Berikan pakan yang berkualitas
Semakin baik pakan yang diberikan, maka semakin baik pula kualitas yang dihasilkan. Itulah rumus sederhana dalam merawat burung, khususnya burung LB yang memiliki suara kicauan yang merdu dan khas.

Dalam merawat LB, khususnya yang anakan, pemberian pakan yang berkualitas akan membuat LB jadi lebih berkualitas. Untuk itu, sangat dianjurkan untuk memberikan pakan yang baik untuk LB, khususnya LB yang masih anakan.

Adapun jenis pakan yang dianjurkan sendiri adalah:
1.1. Milet putih dan merah
1.2. Biji-bijian yang berkecambah
1.3. Kangkung
1.4. Jagung
1.5. Tauge
1.6. Pelet
1.7. Hemp seed
1.8. Kwaci

2. Terapi mandi
Tips merawat Burung Lovebird muda agar rajin bunyi ini mungkin mudah untuk dilakukan. Namun hati-hati. Meskipun terlihat mudah, namun perawatan ini membutuhkan metode dan cara khusus demi hasil yang efektif dan maksimal.

Adapun tata cara terapi mandi yang tepat adalah:
2.1. Pada jam 7 pagi, mandikan burung sampai basah kuyup. Proses pemandian burung sendiri bisa disesuaikan. Bisa dengan keramba atau sprayer, tergantung kebiasaan dan keinginan si burung.
2.2. Setelah proses pemandian selesai, segera angin-anginkan burung selama 10 menit.
2.3. Jika sudah, jemur burung selama 3 jam.
2.4. Setelah 3 jam, kembali angin-anginkan burung selama 10 menit.
2.5. Setelah diangin-anginkan, segera mandikan burung sampai basah kuyup.
2.6. Baru, setelah burung dimandikan, tips merawat Lovebird muda agar rajin berbunyi ini pun dilanjurkan dengan menjemurnya sampai jam 12 siang.
2.7. Setelah jam 12 siang, burung bisa digantang di tempat yang teduh sambil dimaster.

3. Jaga selalu kebersihan kandang
Perlu dicatat. Sama halnya dengan manusia, burung juga enggan beraktivitas jika tempat tinggalnya kotor dan tidak nyaman. Untuk itu, jika Anda ingin anakan burung Anda rajin bunyi dengan suara yang indah, pastikan untuk selalu membersihkan kandang burung secara rutin dan teratur.

Itulah tips dan trik merawat Lovebird mudah agar rajin bunyi. Tips dan trik di atas merupakan yang paling mudah untuk diterapkan. Jadi, untuk Anda yang ingin LB muda rajin bunyi, sangat dianjurkan untuk menerapkan tips dan trik di atas.