Ciri-Ciri Lovebird Dakocan

Advertisement
Advertisement
Lovebird dakocan - Sobat lovebird mania tentau sudah tidak asing lagi dengan lovebird yang satu ini, lovebird dakocan. Lovebird dakocan ini dikenal dengan nama lain yaitu masked lovebird, sedangkan nama latinnya ialah Agapornis personatus. Lovebird jenis ini berasal dari Afrika, dan biasa hidup di daerah pegunungan, tepatnya di pedalaman tengah dan utara Tanzania. Selain itu juga banyak ditemukan di daerah pesisir Tanzania dan Kenya Utara.

burung lovebird dakocan, lovebird dakocan

Jika melihat sejarahnya, lovebird dakocan ini pertama kalinya ditemukan sekitar tahun 1800-an, dan sama sekali tidak ada hasil impor hingga sekitar tahun 1920-an. Burung lovebird satu ini termasuk burung yang hidup secara berkelompok di alam liar. Lovebird dakocan juga pandai dalam hal pembuatan sarang di kandang, ini terlihat ketika penangkar mengetahui sarangnya yang bagus ketika menangkarnya.

Lovebird dakocan termasuk salah satu jenis lovebird yang paling digemari dan dicari di pasaran, karena selain memiliki warna yang bagus dan terdapat warna tpeng di bagian mukanya yang membuatnya nampak unik, juga burung ini memiliki suara kicau ngekek yang bagus (simak juga: suara lovebird). Sudah banyak warna lovebird dakocan yang dihasilkan, dan burung ini paling banyak dikembangbiakkan di Amerika dan Eropa.

Ada beragam warna lovebird dakocan yang terkenal di Indonesia, diantaranya adalah lovebird dakocan hijau, lovebird dakocan biru, dan lovebird dakocan ungu. Pada dasarnya lovebird dakocan berwarna hijau, kepala hitam dan dada kuning, namun karena sudah banyak penangkar yang berusaha mengembangkannya, sehingga menghasilkan warna-warna lain yang tak kalah menarik.

Umumnya lovebird dakocan memiliki postur dengan ukuran 14-15 cm, dan lovebird ini sifatnya ramah. Bisa dilihat ketika berpasangan dengan lawan jenis, maka lovebird ini akan saling menyayangi. Begitu juga bila hidup secara bersosial dengan lovebird-lovebird yang lain, maka akan muncul karakter aslinya yang bisa dengan mudah beradaptasi.

Lovebird dakocan juga bisa menjadi sangat agresif ketika masa kawin, bahkan bisa menyerang manusia bila anda mengganggunya. Meskipun lovebird ini bisa berkicau dengan karakter suaranya yang khas, tetapi burung ini tidak bisa menirukan suara manusia. Maka, diperlukan perhatian dari anda sang perawat, dengan pemberian perawatan terbaik secara lembut, maka lovebird ini bisa tetao tenang dan nyaman di kandang penangkaran.

Selain lovebird dakocan, ada lovebird jenis lainnya yang tak kalah populer di negeri ini, diantaranya adalah lovebird lutino, lovebird albino, lovebird violet, dan lain sebagainya. Masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangannya, serta karakter yang berbeda. Yang pasti, sebagai penangkar harus mengetahui setiap karakternya agar bisa memberikan perawatan yang tepat.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai burung lovebird dakocan, semoga informasi yang telah kami sampaikan kepada anda tersebut dapat berguna, khusus nya bisa menambah wawasan buat sobat kicaumania yang beulum mengetahuinya.