Ciri-Ciri Lovebird Kepala Emas

Advertisement
Advertisement
Lovebird kepala emas merupakan lovebird dari hasil mutasi, dan kini burung ini sangat digemari oleh lovebird mania. Jika dilihat sekilas, memang lovebird kepala emas mirip sekali dengan lovebird murni atau original. Maksud dari lovebird murni adalah pada dasarnya lovebird sebagian besar tubuhnya didominasi warna hijau, begitu juga dengan lovebird kepala emas ini, berkombinasi dengan warna kuning di bagian leher, dada, dan perut. Dan yang menjadi warna khas adalah terdapat warna abu-abu bercampur putih di pinggir sayapnya.

lovebird kepala emas

Bagian kepala warnanya nampah sangat jelas dan cerah, apalagi ketika terkena sinar matahari, maka akan nampak mengkilat hijau kuning keemasan. Ini menjadi salah satu ciri khas yang dapat dikenali oleh sebagian besar kicaumania. Dan umumnya sobat kicaumania menyebutnya dengan singkatan "PALAMAS" yang kepanjangan dari Kepala Emas. Unik bukan?

Seiring berjalannya waktu, banyak penangkar yang mengembangkan lovebird jenis ini, hingga menghasilkan banyak lovebird dengan warna kuning cerah, pastel, dan lain sebagainya. Di Indonesia, lovebird kepala emas peminatnya cukup banyak, selain karena harganya yang cukup sesuai kantong juga mudah didapatkan. Berbeda halnya dengan "lovebird blorok" yang harganya selangit dan sangat sulit ditemui di pasaran.

Umumnya harga lovebird kepala emas yang masih anakan di pasaran sekitar Rp.400.000 sampai Rp.500.000. Sedangkan harga lovebird kepala emas yang sudah dewasa dihargai sekitar Rp.1.000.000. Bagi sobat yang mencari lovebird dengan budget sekitar 1.000.000, maka cocok untuk membeli lovebird jenis ini.

Jika dilihat dari segi perawatan, lovebird ini perawatannya cukup mudah dan tak jauh berbeda dengan perawatan lovebird jenis lainnya. Yang terpentig adalah bagimana usaha kita dalam memberikan perawatan yang baik untuk lovebird yang kita pelihara. Lebih bagus lagi bila kita tambahi dengan pelatihan khusus yang umumnya disebut "memaster burung", dengan harapan agar burung piawai dalam menirukan suara burung lain (suara master).

Demikianlah cucap-cuap dari kami mengenai burung lovebird palamas yang semoga menjadi wawasan tambahan buat sobat kicaumania yang belum pernah mengetahuinya. Jika ingin lebih banyak lagi artikel seputar lovebird, terus kunjungi blog ini ya, karena akan kami update informasi terbaru setiap harinya.