Faktor Penyebab Telur Lovebird Tidak Menetas

Advertisement
Advertisement
Bagi penangkar lovebird pemula tentu bila lovebird nya berhasil bertelur merupakan sebuah kegembiraan, namun menjadi membingungkan bila lovebird kesayangannya sudah bertelur tapi kok tidak mau menetas. Dan ada beberapa penyebab mengapa telur-telur lovebird itu tidak menetas. Memang dalam usaha ternak lovebird pasti ada suka dan duka, ada kemudahan dan kesulitan, dan yang sukses adalah yang terus berusaha, sabar, pantang menyerah, konsisten, memberikan perawatan terbaik terhadap lovebird peliharaannya.

telur lovebird, lovebird netas

Sedangkan untuk masalah kegagalan telur menetas adalah dikarenakan beberapa penyebab, diantaranya adalah kualitas pakan yang tidak sesuai standar, suhu dalam kandang yang tidak sesuai sehingga akibatnya kurang bagus, indukan betina yang malas atau tidak mau mengerami telur-telurnya, adanya kelembaban yang berlebih, kondisi fisik betina yang kurang prima, faktor eksternal, bakteri, dan lain sebagainya.

Berikut informasi selengkapnya mengenai faktor-faktor penyebab telur lovebird gagal menetas:

1. Pakan tidak berkualitas
Memilih pakan yang berkualitas itu sangatlah penting, selain demi kesehatan indukan lovebird itu sendiri juga berpengaruh terhadap telur-telur yang ditetaskannya. Penangkar lovebird dituntut untuk memenuhi kebutuhan gizi pada lovebird, maka dari itu jangan sampai asal-asalan memilih pakan. Pilihlah pakan terbaik, berkualitas, dan sesuai standar, bila perlu pakan premium yang sudah diracik sedemikian rupa.

2. Suhu tidak terkontrol
Pengaruh suhu cukup besar terhadap keberhasilan dalam penetasan, karena bila suhu terlalu panas atau terlalu dingin, maka bisa mengakibatkan kegagalan dalam penetasan telur lovebird. Pastikan suhu harus selalu optimal, yaitu sekitar 36-37 drajat celcius.

3. Indukan tidak mau mengerami
Indukan yang tidak mau mengerami telurnya biasanya dilakukan oleh lovebird yang baru pertama kali bertelur, Selain karena masih pemula, juga biasanya lovebird indukan merasa tidak nyaman berada di dalam kandang, terutama di sarangnya. Entah itu karena ada serangga, ataupun faktor lainnya.

4. Indukan yang kurang fit
Indukan lovebird yang kurang sehat bisa terjadi pada indukan lovebird jantan maupun betina, terutama ketika masa mabung, bila dipaksa untuk ditangkar, maka dapat mempengaruhi hasil, terutama saat penetasan.

5. Infertil pada indukan
Infertil artinya kemandulan, ini bisa terjadi pada kedua indukan, baik jantan dan betina, sehingga berdampak pada penetasan.

6. Indukan yang usianya belum matang
Indukan lovebird yang usianya masih belum matang juga tidak baik untuk ditangkar, tentu berpengaruh juga pada telur dan penetasan.

7. Faktor luar
Ada beberapa faktor luar yang dapat mengganggu proses penetasan, seperti gangguan serangga, tikus, kucing, semut, dan binatang pengganggu lainnya.

8. Bakteri
Bakteri yang berhasil masuk menyusup ke dalam membran sel telur menjadi salah satu faktor kegagalan penetasan, mengapa bisa terjadi? biasanya dikarenakan kondisi suhu yang tidak sesuai dengan suhu sekitar, ini menyebabkan pendinginan telur yang menyebabkan pori-pori luar telur mengembang, ini yang menjadi kesempatan bakteri untuk masuk dan merusak.

Itulah beberapa faktor yang menjadi penyebab utama mengapa telur lovebird gagal menetas, semoga informasi yang telah kami sampaikan kepada sobat di atas, bisa menjadi sebuah informasi yang bermanfaat.