Cara Mengatasi Bulu Lovebird Yang Rontok

Advertisement
Advertisement
Bagi sobat breeder pemula mungkin akan merasa sangat bingung bila menemui burung lovebird kesayangannya tiba-tiba bulunya banyak yang rontok. Dan tentu bukan hal yang mudah dilakukan oleh sobat penghobi junior,  maka diperlukan pengetahuan untuk mengatasi masalah semacam ini. Dan kebetulan kali ini kami akan membahas seputar tips menangani kerontokan bulu pada lovebird.

lovebird rontok bulu

Bagi sobat yang sudah berpengalaman dalam memelihara lovebird, maka mengetahui masalah semacam ini cukup dengan ketenangan dan perawatan maka akan bisa diatasi. Ketenangan biasanya tidak dimiliki oleh penghobi pemula.

Sebelum kita merawat lovebird yang bulunya rontok, maka terlebih dahulu kita cari tahu apa yang menjadi penyebab bulu lovebird rontok. Karena akan lebih mudah mengatasinya bila tahu penyebabnya.

Ada 3 hal utama yang sering kali menjadikan bulu-bulu lovebird menjadi rontok, diantaranya ialah lovebird sedang dalam masa mabung, terdapat banyak kutu pada badan lovebird, dan adanya penyakit tertentu yang diderita lovebird. Itu adalah 3 hal yang sering kali menjadi penyebab burung lovebird rontok bulu, dan penangannya tentu berbeda-beda.

1. Rontok bulu karena mabung
Proses mabung merupakan proses yang alami dan semua burung kicau pasti mengalaminya. Pada proses ini bulu-bulu burung akan rontok dan akan berganti bulu yang baru dan menjadi lebih lebat. Ini merupakan hal yang wajar dan anda tidak usah khawatir. Biasanya lovebird mabung membutuhkan asupan protein yang cukup, maka dari itu cara mengatasinya cukup berikan pakan yang mengandung banyak protein atau juga berikan vitamin khusus untuk mabung (baca: cara merawat lovebird mabung).

2. Rontok bulu karena terjangkit kutu
Tubuh lovebird yang terdapat banyak kutu membuatnya merasa gatal dan tidak nyaman, hal ini yang menyebabkan memaksanya untuk mencabuti bulunya sendiri hingga borodol. Biasanya lovebird yang jarang dimandikan dan dijemur menjadi penyebabnya. Sobat penghobi lovebird pemula harus paham bahwa memelihara lovebird harus secara rutin memandikan dan menjemurnya setiap hari, baik pagi maupun sore. Cara mengatasi lovebird rontok bulu yang disebabkan karena kutu, maka cara praktisnya adalah memberikan obat khusus untuk mengilangkan kutu pada lovebird, atau juga memberikan ramuan-ramuan yang bisa anda racik sendiri. Ada dua ramuan, yaitu daun sirih dan air beras (baca: cara menghilangkan kutu lovebird).

3. Rontok bulu karena terkena penyakit
Biasanya lovebird yang menderita penyakit tertentu akan berpengaruh terhadap bulu-bulunya, bulu menjadi mudah rontok. Hal ini bisa diatasi dengan langsung membawanya ke dokter untuk memeriksa dan mengatasi penyakitnya terlebih dahulu. Kemudian pengobatan sesuai saran dokter.

Itulah beberapa penyebab burung lovebird mengalami rontok bulu lengkap dengan cara mengatasinya. Semoga informasi tersebut dapat menjadi sebuah manfaat khususnya bagis sobat penghobi burung lovebird pemula yang mungkin kebingungan ketika mengetahui lovebird kesayangannya bulu-bulunya rontok.