Ciri-Ciri Lovebird Kacamata Topeng

Advertisement
Advertisement
Lovebird kacamata topeng merupakan salah satu jenis lovebird yang sangat khas dan banyak penggemarnya. Burung lovebird kacamata topeng penampilannya sangat indah, terutama bagian warnanya yang mencolok pada bagian muka seperti sedang memakai topeng. Ada sedikit perbedaan antara lovebird kacamata topeng dewasa dengan yang masih anakan.

lovebird kacamata topeng

Pada lovebird kacamata topeng dewasa umumnya bulu-bulunya berwarna hijau, dahi, ubun-ubun, lorus depan, hingga ubun-ubun berwarna hitam gelap. Sedangkan warna pipi bagian depan adalah hitam agak kecoklatan, bagian kepala berwarna hitam seperti memudar, warna orange agak kemerahan pada bagian kerongkongan, sekitar dada dan leher berwarna kuning (biasanya ada juga yang berwarna putih), warna putih mengelilingi mata, dan kaki berwarna abu-abu.

Pada lovebird kacamata topeng yang masih muda biasanya warna bulunya lebih pudar dari warna lovebird dewasa. Dan ada bercak kecil warna hitam pada bagian pangkal paruhnya. Sedangkan untuk membedakan kelamin lovebird jantan dan betina juga cukup sulit (baca: perbedaan lovebird jantan dan betina).

Burung lovebird kacamata topeng ini penyebarannya cukup luas, dan paling banyak ditemukan di Tanzania Utara dan Tanzania Tengah. Sedangkan asal mulanya adalah berasal dari Tanzania Timur, tepatnya di Kenya.

Burung lovebird kacamata topeng pada tahun 1800 mulai populer, kemudian di tahun 1920 mulai penyebarannya sampai ke luar Afrika. Dan hingga saat ini burung ini banyak diimpor oleh masyarakat Indonesia. Peminat burung lovebird jenis ini cukup tinggi, dan jarang ditemukan di pasaran. Biasanya jika ada di pasaran, selalu cepat habis oleh peminat.

Demikianlah sedikit informasi seputar burung lovebird kacamata topeng, semoga dapat menambah wacana buat sobat kicaumania yang sebelumnya mungkin belum mengetahuinya.