Cara Mengobati Lovebird Yang Sakit Gondok

Advertisement
Advertisement
Sebagai penghobi burung lovebird tentu menginginkan agar lovebird kesayangan selalu fit dan sehat tanpa masalah. Tapi perlu sobat ketahui, bahwa tak selamanya burung peliharaan anda selalu sehat, terkadang ada masanya kondisi burung sedang drop, salah satunya yaitu menderita penyakit gondok.

sakit gondok pada lovebird

Penyakit gondok pada burung lovebird berpengaruh terhadap kualitas suaranya, suara akan menjadi tidak jernih dan serak. Bahkan dampak paling buruk adalah menjadikan burung lovebird tidak mau bersuara lagi. Maka dari itu bila anda menemui tenggorokan lovebird menggembengbung, bisa jadi itu adalah penyakit gondok.

Cara mengobati penyakit gondok pada lovebird
Banyak hal yang menjadi penyebab lovebird sakit gondok,, salah satunya adalah karena kekurangan yodium. Cara mengatasi nya sangat mudah, cukup diberikan pakan yang mengandung yodium, atau campurkan zat yodium pada minumannya. Adapun cara yang paling efektif adalah dengan memberikan obat atau vitamin khusus untuk mengatasi masalah gondok. Jangan lupa bersihkan sangkar lovebird dari kotoran, selain itu juga letakkan sangkar pada lokasi yang nyaman jauh dari polusi udara, AC, maupun tempat yang banyak sirkulasi angin.

Agar lovebird tidak terkena penyakit gondok, maka sebaiknya cegah dengan cara yang tepat. Adapun tips mencegah agar lovebird tidak terkena penyakit gondok, bisa anda simak informasinya di bawah ini.

Cara mencegah terjadinya penyakit gondok pada lovebird
Ada hal yang harus anda perhatikan dan anda lakukan agar lovebird tidak terserang penyakit gondok, yaitu pada pola pemberian pakan dan pada penempatan sangkarnya.

1. Pemberian pakan
Pakan yang anda berikan seharusnya adalah pakan yang berkualitas, bukan sekedar pakan. Bila perlu berikan multivitamin paling tidak setiap seminggu sekali, sehingga daya tahan tubuhnya tetap kuat.

2. Pola penempatan sangkar
Hindarkan sangkar burung lovebird pada daerah yang sirkulasi udaranya terlalu besar, misalnya dekat dengan AC, dekat dengan jendela, atau mungkin anda selalu meletakkannya di luar rumah. Hal ini bisa menjadikan penyakit sesak nafas dan penyakit lainnya, termasuk juga penyakit gondok.

Demikainlah sedikit tipa dari kami mengenai cara mengatasi lovebird yang sedang sakit gondok beserta cara pencegahannya. Semoga informasi yang kami share kali ini bisa menjadi informasi yang berguna buat sobat sekalian.