Inilah Kunci Sukses Perawatan Unik Pada Lovebird Kusumo

Advertisement
Advertisement
Lovebird kusumo merupakan salah satu lovebird yang fenomenal dan familiar di kalangan para penghobi lovebird. Bagaimana tidak, lovebird kusomo sering kali memenangkan perlombaan burung kicau lovebird tingkat nasional. Dan memang akhir-akhir ini, lovebird kusumo lah yang berada di jajaran atas lovebird berkelas di negeri ini.

lovebird kusumo

Pemilik lovebird kusumo adalah bapak H. Sigit WMP, beliau berasal dari Klaten, Jogja. Bersama lovebird kusumo, beliau menyabet beberapa kali penghargaan setelah memenangkan sekitar 6 kali jawara. Kelebihan yang dimiliki lovebird kusumo sehingga membuatnya menjadi juara salah satunya adalah karena ngekeknya yang sangat panjang, dengan durasi sekitar 3 menit, diselingi dengan tembakan-tembakan yang membuat para juri terkagum-kagum dan memberikan penilaian yang tinggi pada lovebird ini.

Banyak yang menawar dan berminat untuk membeli burung kusumo, namun karena H. Sigit terlalu sayang, maka tak ada niat untuk menjualnya. Meskipun banyak pesaing yang tak kalah hebat, tetapi performa lovebird kusumo bisa dibilang stabil dan konsisten. Dan memang ada masanya muncul lovebird-lovebird hebat yang baru. Salah satu lovebird hebat yang mengalahkan lovebird kusumo adalah lovebird jalal milik Yehezkiel asal kota Bandung. Lovebird jalal yang saat itu menjadi juara pertama dan lovebird kusumo sebagai runner up nya.

Memang banyak yang menyoroto kemampuan lovebird kusumo, selain itu juga banyak yang penasaran dengan pola perawatan pada lovebird kusumo. Menurut penghobi lovebird yang mencoba menganalisa, ada beberapa hal yang menjadi kunci kesuksesan lovebird kusumo, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Karakter lovebird
Menurut om Sigit, lovebird kusumo pada awalnya berkarakter sangat gesit, liar, dan sering kali ngeruji. Namun om Sigit terus berusaha memberikan perawatan yang benar, dan ini tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar, karena mengubah karakter itu butuh waktu dan kesabaran.

2. Setelan pakan
Hasil dari wawancara oleh sobat penghobi lovebird, om Sigit mengatakan bahwa setelan pakan pada lovebird kusumo sangat sederhana, yaitu hanya diberikan pakan berupa jagung muda dan millet saja. Bila ada pakan lain, itu mungkin menjadi rahasia om Sigit sendiri.

3. Pengembunan untuk lovebird
Lovebird kusumo dikeluarkan atau diembunkan setiap pagi hari, mulai pukul 05.30 hingga muncul terik matahari. Selanjutnya sedikit disemprot dan diletakkan di teras rumah tanpa digantng.

4. Pemandian pada lovebird
Kebanyakan sobat penghobi lovebird ketika memandikan lovebird kesayangannya adalah dengan menyemprotnya, sedangkan om Sigit membiarkannya mandi di keramba, dan melatihnya jauh-jauh hari, sehingga lovebird kusumo terbiasa mandi di keramba.

5. Letakkan lovebird dalam rumah
Semenjak lovebird kusumo kurang maksimal ketika lomba di lokasi indoor, maka hal ini membuat om Sigit memutar pikiran, trik nya adalah ketika malam hari selalu memasukkan lovebird  dan digantang di dalam rumah disertai dengan sedikit pencahayaan.

6. Terapi hujan
Om Sigit mencoba menerapi lovebird kesayangannya dengan terapi hujan, hal ini dianggap bermanfaat, diantaranya ialah dapat menambah stamina, mengatasi burung yang malas bunyi, mengasah mental, dan lain sebagainya (lihat: video terapi hujan pada lovebird kusumo).

Itulah beberapa tips sukses yang secara umum dilakukan oleh om Sigit WMP pada lovebird kusumo kesayangannya, hingga lovebird kusumo menjadi salah satu lovebird unggulan yang disegani. Yang terpenting adalah terus berusaha merawat lovebird dengan perawatan yang terbaik, unik, tepat, dan logis.